Jobseeker

Tips Agar Bisa Jago Public Speaking

Kemampuan public speaking saat ini merupakan salah satu kemampuan penting dalam dunia karir yang akan berguna bagi siapapun dan di industri mana pun. Karena kemampuan berbicara di depan umum dan berkomunikasi dengan baik biasanya akan menjadi poin plus seseorang dalam dunia kerja lho Sobat. Pasalnya di dalam lingkungan kerja, besar kemungkinan Sobat akan diberikan kepercayaan untuk melakukan presentasi. 

Public speaking itu sendiri merupakan proses atau tindakan berbicara kepada audience secara langsung. Dan kunci dari kesuksesan public speaking itu sendiri bukan hanya perkara berani tampil didepan umum saja, melainkan bagaimana Sobat bisa menyampaikan ide dan pemikiran secara verbal dan non verbal. Nah, untuk Sobat yang mau belajar menguasai kemampuan public speaking, yuk disimak baik-baik ya penjelasannya. 

  1. Kenali Audience Dengan Baik 

Penting bagi kamu untuk mengetahui terlebih dahulu siapa yang menjadi audience kamu. Apakah audience tersebut merupakan orang dewasa, teman sebaya, atau remaja supaya kamu dapat menyesuaikan dalam pemilihan kata saat public speaking formal, non formal, atau semi formal. Dan juga hal ini akan sangat bermanfaat, supaya Sobat bisa lebih lancar dan luwes saat melakukan public speaking

  1. Persiapkan Materi Dengan Matang 

Perlu diingat Sobat, menguasai materi itu tidak sama dengan menghafal. Karena kamu harus memahami isi konteks dan garis besar dari materi yang akan kamu sampaikan. Dengan menguasai materi akan membantumu mengurangi grogi dan nervous serta Sobat akan terlihat lebih maksimal saat public speaking. Dan agar memudahkan kamu saat tampil di depan umum, kamu bisa membuat catatan kecil atas poin-poin penting terhadap pembahasan materi yang akan kamu sampaikan. 

  1. Perhatikan Eye Contact 

Eye Contact atau kontak mata merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat melakukan public speaking. Maka aturlah pandanganmu agar tetap pada arah audience, akan tetapi jika Sobat belum terbiasa dan gugup untuk memandang tepat di mata audience, coba Sobat alihkan pandanganmu ke bagian batang hidung atau dahi audience tersebut. Supaya mereka merasa bahwa Sobat tetap memberikan perhatian kepada mereka sehingga audience bisa lebih memperhatikan terhadap materi yang Sobat sampaikan. 

  1. Gunakan Kalimat “Pemancing” 

Berusahalah untuk melontarkan kalimat yang dapat memancing audience untuk berinteraksi denganmu, dengan melakukan komunikasi dua arah. Sobat bisa berinteraksi dengan audience seperti menyediakan sesi tanggapan atau pertanyaan maupun melakukan games kecil yang membuat audience semakin nyaman dan tidak merasa bosan untuk mendengarkan materi yang disampaikan. Sehingga public speaking kamu tidak terjadi satu arah, dan bisa menjadi lebih interaktif. 

Nah, inilah tipsnya agar Sobat bisa lebih jago dalam melakukan public speaking. Dan perlu Sobat ketahui bahwa semua orang pasti bisa berbicara, akan tetapi tidak semua orang berani dan bisa untuk berbicara di depan umum lho. Karena untuk bisa lancar banget ketika berbicara di depan umum, maka perlu adanya effort yang keras untuk terus berlatih mengasah kemampuan public speaking hingga bisa enjoy tampil di depan umum. Semoga bermanfaat. 


Good Luck, Sobat!!! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jobseeker

Kenali Teknik Dasar Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti microsoft word, powerpoint, dan access yang dapat
Jobseeker

Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi