Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau penghasilan setiap bulannya. Pendapatan secara umum sering kali berhubungan dengan sejumlah uang yang diterima seseorang sebagai hasil atas suatu hal yang dilakukan, dikerjakan dan diinvestasikan yang kemudian digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam hidup untuk kurun waktu tertentu. 

Pendapatan atau penghasilan yang dimiliki seseorang baik yang hidup lajang maupun yang sudah berkeluarga tentu akan memiliki penghasilan yang berbeda-beda seperti memiliki penghasilan yang berasal dari beberapa alternatif sumber atau hanya mengandalkan satu sumber penghasilan saja. Nah, maka dari itu supaya Sobat memiliki alternatif sumber penghasilan lain, yuk disimak baik-baik ya penjelasannya : 

  1. Pendapatan Aktif

Apa sih pendapatan aktif itu ? Pendapatan aktif adalah penghasilan bulanan yang diperoleh dari keseluruhan hasil yang diterima dari bekerja. Contohnya, Gaji, honor, bonus dan komisi. Jika kamu ingin mendapatkan pendapatan aktif lebih banyak, kamu harus mempunyai pekerjaan sampingan seperti berwirausaha, freelance dan lain-lain.

  1. Pendapatan Pasif

Untuk pendapatan pasif sendiri merupakan pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja secara aktif. “Berarti kita gak perlu kerja ya Min?” Eits jangan salah paham dulu, bukan berarti kamu tidak melakukan usaha untuk mendapatkan pendapatan ya sobat. Contoh kamu bisa mendapatkan pendapatan dari hasil sewa properti (kost atau kontrakan), pembagian keuntungan hak cipta atau hasil karya. 

  1. Pendapatan dari Investasi

Sesuai dengan namanya, pendapatan ini diperoleh dari hasil keuntungan investasi pada produk-produk keuangan. Seperti, reksadana, saham dan obligasi. Dan sebagian besar pendapatan investasi mendapatkan pajak yang lebih rendah dibandingkan dengan pendapatan aktif. Selain itu, pendapatan investasi tidak dikenakan pajak jaminan sosial atau medicare

Walaupun terdapat berbagai macam tipe pendapatan, kamu dapat mengambil 1 dari 3 tipe tersebut tersebut sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Agar dapat meningkatkan penghasilan bulanan kamu, jadi kamu tidak bergantung pada satu pendapatan saja yaaa sobat. Untuk kamu yang hanya memiliki satu pendapatan saja, jangan pantang menyerah ya karena akan banyak sekali peluang untuk menambah pendapatan kamu lho.

Sedangkan untuk kamu yang sudah memiliki lebih dari satu pendapatan, jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan keuangan agar kamu bisa mengatur perencanaan keuangan mu dengan benar. Semoga penjelasan yang telah Mindi berikan dapat membantu kamu yaaa!
Goodluck Sobat!

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka