Finansial

Sudah Gajian? Yuk Menabung Dengan Cara Yang Tepat, Jangan Insecure Meski Gaji Tak Besar!

Sejak memasuki era digital khususnya di masa pandemi seperti saat ini, menabung sudah menjadi salah satu rencana yang pasti untuk menyiapkan masa depan agar lebih terjamin. Bagaimana tidak, di era saat ini kegiatan menabung tidak hanya dilakoni oleh para pekerja dan orang yang telah berkeluarga saja, lebih dari itu anak-anak seusia dini pun sudah mulai diajarkan dan menerapkan cara menabung dengan baik dan benar agar terbiasa hidup lebih hemat. 

Definisi menabung adalah salah satu cara dalam pengelolaan keuangan yang bertujuan untuk menyiapkan dana cadangan di masa depan. Dengan cara menabung yang tepat juga dapat menjamin kestabilan keuangan kamu jika mengalami hal yang tidak diinginkan kemudian hari. Secara tidak langsung, menabung juga dapat membantu Sobat lho untuk mengetahui tentang skala prioritas dalam keuangan, seperti pada artikel yang pernah Mindi jelaskan sebelumnya mengenai Tips Mengatur Skala Prioritas Dengan Baik dan Benar

Dan juga pada dasarnya, menabung itu bisa dibilang gampang tapi bisa juga dibilang susah, tergantung niat dan tujuan pada diri seseorang. Nominal tabungan pun tidak selalu menjadi hal yang paling utama, melainkan bekal utamanya adalah komitmen dan konsisten dalam menabung. Karena berapapun besaran gaji yang Sobat sisihkan setiap bulan, jika Sobat melakukannya dengan konsisten, maka secara perlahan tabungan Sobat akan terkumpul dan tujuan menabung Sobat dapat tercapai. 

So, berikut cara menabung yang tepat, meski dengan gaji yang tidak besar. Yuk disimak baik-baik ya Sobat penjelasannya. 

Buatlah Tujuan Terlebih Dahulu

Dengan tujuan yang jelas dapat membuat kamu menabung lebih efektif, dibandingkan kamu menabung tanpa sebuah tujuan dan keinginan yang kuat. Fungsi lain kamu membuat tujuan adalah sebagai motivasi agar tetap semangat menabung lho sobat. Misalnya, kamu ingin membeli rumah. Dan kamu menargetkan dalam tiga tahun harus bisa memiliki tabungan untuk membayar uang muka rumah tersebut.

Mulai Dari yang Kecil

Kamu pastinya tahu kalau menabung selalu membutuhkan proses, kamu tidak harus langsung menabung dalam jumlah yang besar. Idealnya, kamu perlu menyisihkan minimal 10 sampai 20 persen dari gaji kamu untuk ditabung. Tetapi, jika kebutuhan kamu lebih besar dan tidak memungkinkan untuk menabung dalam porsi tersebut, maka kamu bisa menabung dalam jumlah atau porsi yang lebih kecil asalkan selalu ada peningkatan jumlah menabung seiring berjalannya waktu. 

Misalnya, dalam waktu 6 bulan pertama kamu menabung sebanyak 5% dari gaji kamu. Lalu, 6 bulan setelahnya porsi tabungan kamu naik menjadi 10% gaji. Nah, baru setelah itu kamu bisa mulai menyisihkan uang untuk ditabung sebanyak 20% dari gaji yang kamu terima.

Menabung Rutin Dengan Menerapkan Autodebet

Kamu bisa melakukan cara ini jika kamu merasa sulit menjaga sebuah komitmen dalam menabung, kamu bisa terapkan jurus autodebet dari rekening payroll gajian kamu rekening tabungan. Dengan sistem ini, maka gaji kamu secara otomatis akan terpotong dalam nominal tertentu dan ditransfer ke rekening tabungan. Jadi, kamu tidak ada alasan ‘lupa’ ya. Apalagi porsi autodebet ini, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan juga target kamu lho. 

Buat Rekening Khusus

Seperti yang sudah Mindi bahas di poin sebelumnya, kamu harus membuat satu rekening khusus tabungan di luar rekening payroll gaji atau rekening untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan rekening seperti itu, dapat membantu kamu untuk membatasi pengeluaran harian dan bulanan agar lebih teratur lho sobat.

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan cara menabung yang tepat meski gaji tak besar. Untuk kamu yang masih belum memiliki tabungan karena kebutuhan yang banyak dan gaji yang tidak terlalu besar, yuk dicoba tips yang Mindi berikan. Bagi kamu yang sudah mulai menabung sedikit demi sedikit, jangan lupa untuk mengatur keuangan kamu dengan baik dan benar ya.

So, untuk Sobat yang ingin belajar lebih dalam lagi bagaimana mengatur keuangan dan menabung dengan baik dan benar agar bisa memiliki keuangan yang lebih sehat, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Pelatihan Dasar Menjadi Perencana Keuangan Individu Yang Professional

Goodluck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka