Bisnis

Strategi Bisnis Kamu Lebih Unggul Dari Kompetitor

Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sehingga pelaku bisnis harus menghadapinya dengan cara yang sehat. Kompetitor atau pesaing dalam sebuah bisnis merupakan hal yang sangat lumrah lho Sobat. Karena, dengan adanya persaingan dapat mendorong kamu untuk terus mengembangkan bisnismu.

Dalam persaingan ini, pastinya kamu ingin lebih unggul ketimbang kompetitor kamu kan? Nah untuk memenangkan persaingan tersebut, kamu selaku pelaku bisnis harus berpikir dan melakukan berbagai macam strategi agar bisnis kamu lebih unggul lho sobat. Yuk simak penjelasan Minmu baik-baik ya :

1. Kenali Kompetitor

Langkah pertama, kamu bisa mencari tahu apa kelebihan dan juga kekurangan dari kompetitor kamu. Mulai dari bagaimana kompetitor kamu mempromosikan produk atau jasa yang mereka berikan, hingga keunggulan apa yang mereka tawarkan. Misalnya, promo atau penawaran apa yang sedang berlangsung. Kamu bisa mencari tahu nya lewat media sosial mereka.

2. Kenali Konsumen 

Kamu harus mengenali target pasar atau konsumen kamu sendiri secara detail, mulai dari bagaimana kebiasaan mereka berbelanja hingga apa yang menjadi prioritas mereka. Misalnya, konsumenmu lebih berfokus pada harga yang terjangkau ketimbang kualitas yang premium. Kamu bisa mengetahuinya dengan cara melakukan riset sederhana seperti, melalui survei. Dari sana, kamu bisa menyusun strategi pemasaran maupun strategi pengembangan produk.

3. Kenali Keunggulan Produk

Jika dua poin sebelumnya sudah dilakukan, maka kamu bisa lebih fokus pada keunggulan produk yang kamu berikan dan nilai jual dari bisnis kamu yang tidak dimiliki oleh kompetitor kamu. Misalnya, kamu menjual sebuah tas kulit, maka kamu bisa bilang bahwa kulit yang digunakan untuk membuat tas tersebut adalah kulit asli dan berkualitas premium. 

4. Optimasi Media Sosial

Seperti yang sudah Minmu jelaskan di artikel sebelumnya, yang berjudul Tingkatkan Penjualan Bisnismu dengan Instagram. Saat ini media sosial memiliki kekuatan yang tidak main-main, kamu bisa menemukan target pasar dan memasarkan produk kamu dengan cara membuat konten yang menarik perhatian. Seperti, membuat konten tentang produk yang kamu jual, proses pembuatan produk dan lain-lainnya.

Jika kamu masih bingung cara membuat content marketing yang menarik, Minmu udah pernah bahas juga nih di artikel sebelumnya yang berjudul Tips Membuat Content Marketing yang Menarik agar kamu bisa menemukan target pasar dan juga memasarkan produk kamu dengan tepat. Atau jika kamu ingin belajar lebih lanjut mengenai bagaimana caranya membuat konten marketing, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho Sobat dengan judul Pelatihan Membuat Strategi Konten Pemasaran Untuk Menjadi Tenaga Spesialis Pemasaran

5. Terus Berinovasi

Bukan hanya analisa dan pemasaran saja yang harus diperhatikan, kamu juga harus memperhatikan kualitas produk kamu. Agar kualitas produk kamu tetap diminati oleh konsumen, kamu tentunya perlu melakukan inovasi berkala dalam mengembangkan produk yang kamu jual. Dengan adanya inovasi, bisnis kamu bisa lebih unggul dari pada kompetitor kamu lho Sobat.

6. Perkuat Branding

Kenapa harus memperkuat branding ? Seperti yang sudah Minmu jelaskan sebelumnya di artikel yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan dulu ya?. Karena branding yang kuat akan berdampak pada customer yang setia dan tidak peduli sama berapapun harga yang ditawarkan. 

Misalnya kamu ingin melakukan branding melalui mesin pencarian google, kamu bisa memulai dari Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat. Kemudian kamu bisa memberikan edukasi kepada konsumen melalui konten yang ada pada website maupun media sosial kamu, tentang seberapa berkualitas dan bernilainya produk yang kamu jual, dan buat konsumen paham bahwa produk kamu memang layak dengan harga yang sudah kamu tetapkan.

Jika kamu ingin belajar lebih dalam mengenai branding lebih dalam, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho yang berjudul Memulai Bisnis Makanan Dari Rumah Secara Online.  

7. Tingkatkan Pelayanan

Jika kamu bisa membuat konsumen puas dengan pelayanan kamu, mereka pun akan ragu untuk kembali membeli produk kam dan merekomendasikannya ke orang lain. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan mu, seperti menjawab pertanyaan calon pembeli dengan sopan dan juga ramah. Dan, jangan lupa untuk selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan. 

So, apabila kamu ingin belajar bagaimana meningkatkan pelayanan yang prima agar dapat membuat konsumen puas dengan pelayanan kamu, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Menerapkan Service Excellence Dalam Setiap Pelayanan Bagi Karyawan Industri Jasa

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan strategi agar bisnis kamu lebih unggul ketimbang kompetitor mu. Untuk kamu belum mencoba melakukan strategi bisnis tersebut, yuk dicoba agar bisnis kamu lebih unggul daripada kompetitor kamu. Bagi kamu yang sudah melakukan strategi yang Minmu jelaskan diatas, terus semangat dan juga konsisten yaaa.


Goodluck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisnis

Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat

Created by Jihan Elshadat Di artikel sebelumnya yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan Dulu, Minmu sudah membahas secara singkat mengenai
Bisnis

Kenali Perbedaan Entrepreneur Dan Intrapreneur

Saat ini, Kalian pastinya sering sekali mendengar kata Entrepreneur maupun Intrapreneur, di berbagai acara dan kesempatan lainnya. Kalian tahu gak