Bisnis

Mau Mulai Jualan, Tapi Bingung Mulai Dari Mana ? Coba Cara Ini Yuk!

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali yang kehilangan pemasukannya dikarenakan pengurangan tenaga kerja. Karena hal tersebutlah, sebagian dari mereka  ada yang memilih untuk memulai membuka sebuah bisnis. Namun, kebanyakan masih ada yang bingung harus mulai dari mana. Nih, Minmu kasih tau ya ke kamu apa yang harus kamu lakukan pertama kali jika ingin berjualan. Disimak baik-baik yaaa!

 Jadi, di dalam dunia pemasaran ada yang namanya prospecting. Apa sih prospecting itu ? Prospecting adalah sebuah proses mencari prospek (calon pelanggan) yang memiliki kebutuhan dimana kebutuhannya dapat diselesaikan dengan produk atau jasa yang kamu jual. Prospecting ini berperan penting lho untuk kemajuan bisnis. Lalu bagaimana cara sih melakukan prospecting yang baik dan benar ? 

  1. Mengetahui Produk Yang Kamu Jual

Yang pertama adalah kamu harus mengetahui dan paham dengan produk yang kamu jual. Tujuannya, agar bisa membantu kamu untuk mengetahui kualitas produk yang dijual, kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas. Selain itu juga, dengan kamu memahami produk yang kamu jual, dapat memudahkan kamu dalam melakukan mempromosikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh barang atau jasa yang kamu jual.

  1. Mengenali Siapa Calon Pelanggan Kamu

Setelah mengetahui produk yang kamu jual, kamu harus mengenali calon pelanggan kamu secara detail. Mulai dari kebiasaannya berbelanja hingga apa yang menjadi prioritas mereka dalam berbelanja. Misalnya, calon konsumen kamu lebih mengutamakan harga yang murah ketimbang kualitas. Kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan riset-riset sederhana seperti melalui survei lho.

  1. Mengenali Apa Yang Dibutuhkan Oleh Pelanggan Kamu

Langkah yang terakhir adalah dengan cara mengenali apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kamu, kamu bisa melihatnya dari hasil survei yang telah kamu lakukan di tahapan sebelumnya. Dengan mengenali kebutuhan pelanggan, kamu dapat mengetahui produk atau jasa apa yang cocok dengan pelanggan kamu tersebut. Hal itu dapat menjadi sebuah nilai plus untuk bisnis kamu di mata pelanggan lho.

Nah, sekarang kau sudah pahamkan mengenai prospecting. Untuk kamu yang masih bingung ingin memulai jualan dari mana, kamu bisa banget nih coba tips yang sudah Minmu jelaskan. Jika kamu ingin belajar lebih mengenai cara menjual untuk bisnismu sendiri, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho yang berjudul Pelatihan Menjadi Tenaga Perwakilan Penjualan (Produk Industri) yang Handal Dalam Meningkatkan Penjualan. Agar kamu bisa meningkatkan penjualan bisnismu nantinya lho.
Goodluck Sobat!

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali yang kehilangan pemasukannya dikarenakan pengurangan tenaga kerja. Karena hal tersebutlah, sebagian dari mereka  ada yang memilih untuk memulai membuka sebuah bisnis. Namun, kebanyakan masih ada yang bingung harus mulai dari mana. Nih, Minmu kasih tau ya ke kamu apa yang harus kamu lakukan pertama kali jika ingin berjualan. Disimak baik-baik yaaa!

 Jadi, di dalam dunia pemasaran ada yang namanya prospecting. Apa sih prospecting itu ? Prospecting adalah sebuah proses mencari prospek (calon pelanggan) yang memiliki kebutuhan dimana kebutuhannya dapat diselesaikan dengan produk atau jasa yang kamu jual. Prospecting ini berperan penting lho untuk kemajuan bisnis. Lalu bagaimana cara sih melakukan prospecting yang baik dan benar ? 

Mengetahui Produk Yang Kamu Jual

Yang pertama adalah kamu harus mengetahui dan paham dengan produk yang kamu jual. Tujuannya, agar bisa membantu kamu untuk mengetahui kualitas produk yang dijual, kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas. Selain itu juga, dengan kamu memahami produk yang kamu jual, dapat memudahkan kamu dalam melakukan mempromosikan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh barang atau jasa yang kamu jual.

Mengenali Siapa Calon Pelanggan Kamu

Setelah mengetahui produk yang kamu jual, kamu harus mengenali calon pelanggan kamu secara detail. Mulai dari kebiasaannya berbelanja hingga apa yang menjadi prioritas mereka dalam berbelanja. Misalnya, calon konsumen kamu lebih mengutamakan harga yang murah ketimbang kualitas. Kamu bisa mengetahuinya dengan melakukan riset-riset sederhana seperti melalui survei lho.

Mengenali Apa Yang Dibutuhkan Oleh Pelanggan Kamu

Langkah yang terakhir adalah dengan cara mengenali apa yang dibutuhkan oleh pelanggan kamu, kamu bisa melihatnya dari hasil survei yang telah kamu lakukan di tahapan sebelumnya. Dengan mengenali kebutuhan pelanggan, kamu dapat mengetahui produk atau jasa apa yang cocok dengan pelanggan kamu tersebut. Hal itu dapat menjadi sebuah nilai plus untuk bisnis kamu di mata pelanggan lho.

Nah, sekarang kau sudah pahamkan mengenai prospecting. Untuk kamu yang masih bingung ingin memulai jualan dari mana, kamu bisa banget nih coba tips yang sudah Minmu jelaskan. Jika kamu ingin belajar lebih mengenai cara menjual untuk bisnismu sendiri, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho yang berjudul Pelatihan Menjadi Tenaga Perwakilan Penjualan (Produk Industri) yang Handal Dalam Meningkatkan Penjualan. Agar kamu bisa meningkatkan penjualan bisnismu nantinya lho.
Goodluck Sobat!

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisnis

Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat

Created by Jihan Elshadat Di artikel sebelumnya yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan Dulu, Minmu sudah membahas secara singkat mengenai
Bisnis

Kenali Perbedaan Entrepreneur Dan Intrapreneur

Saat ini, Kalian pastinya sering sekali mendengar kata Entrepreneur maupun Intrapreneur, di berbagai acara dan kesempatan lainnya. Kalian tahu gak