Bisnis

Mau Meningkatkan Bisnis Melalui Website? Ketahui Dulu Perbedaan SEO Dan SEM

Di era yang serba digital seperti saat ini, tentunya banyak sekali business owner yang menggunakan digital marketing untuk meningkatkan brandnya. Dalam dunia digital marketing, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM). 

Apa sih SEO dan SEM itu ? Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik kamu pun meningkat. Sedangkan, Search Engine Marketing (SEM) adalah bentuk pemasaran di internet untuk meningkatkan visibilitas website di halaman hasil mesin pencarian. Dengan kata lain “membeli” traffic dengan membayar mesin pencarian seperti Google

SEO dan SEM merupakan dua hal yang tidak bisa lepas dalam dunia digital marketing, karena keduanya saling berkaitan lho. Baik SEO maupun SEM merupakan strategi optimasi website untuk mendapatkan posisi paling atas di Google. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang perlu kamu pertimbangkan lho, agar bisa memberikan hasil yang maksimal. Yuk simak baik-baik penjelasan Minmu yaaa.

Biaya

Jika kamu ingin menggunakan SEM, maka kamu harus memiliki anggaran untuk SEM tersebut agar iklan kamu dapat ditampilkan. Karena, SEM  adalah sebuah iklan yang berbentuk Pay Per Click (PPC) atau kamu membayar iklan tersebut jika ada yang meng-klik link website kamu. Sedangkat, SEO adalah sebuah strategi yang bisa kamu gunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun (gratis)

Target Audiens

SEO dan SEM memiliki sebuah tujuan yang sama, yaitu memahami audiens dengan lebih baik. Tapi, jika kamu menggunakan SEM, kamu bisa memilih target audiens kamu lho. Kamu bisa memilih hasil pencarian mengenai brand kamu ditampilkan untuk audiens berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin dan lain-lain.

Jangka Waktu

Seperti yang sudah Minmu jelaskan di poin pertama, kamu harus memiliki anggaran untuk SEM, kenapa ? karena SEM hanya akan aktif selama kamu membayar iklan untuk ditampilkan di hasil pencarian. Jika kamu tidak membayar atau mematikan iklan tersebut, maka strategi SEM kamu juga ikut berakhir. Sedangkan, SEO adalah sebaliknya. Karena seiring berjalannya waktu, SEO semakin lama berkembang dengan hasil bertahan lebih lama lagi.

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan apa saja perbedaan dari SEO dan juga SEM. jika kamu ingin belajar mengenai bagaimana cara mengoptimasi website usahamu dari dasar, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho yang berjudul Pelatihan Menjadi Tenaga Spesialis Pemasaran Dalam Membuat Website & SEO. Agar saat membangun bisnis online kamu menjadi lebih paham bagaimana cara memperluas dan meningkatkan bisnismu nantinya.

Good Luck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisnis

Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat

Created by Jihan Elshadat Di artikel sebelumnya yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan Dulu, Minmu sudah membahas secara singkat mengenai
Bisnis

Kenali Perbedaan Entrepreneur Dan Intrapreneur

Saat ini, Kalian pastinya sering sekali mendengar kata Entrepreneur maupun Intrapreneur, di berbagai acara dan kesempatan lainnya. Kalian tahu gak