Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka untuk mulai mengatur keuangan dengan baik, langkah pertama yang harus Sobat lakukan adalah dengan memisahkan rekening

Pertanyaannya adalah berapa banyak jumlah rekening yang Sobat miliki untuk setiap kebutuhan ? Apakah Sobat merupakan tipe orang yang menggunakan satu rekening untuk satu kebutuhan atau memisahkan rekening untuk setiap kebutuhannya ? Karena dengan memiliki beberapa rekening yang terpisah untuk setiap keperluannya dapat mempermudah Sobat dalam mengatur keuangan dengan baik dan benar. 

So, Apa sih rekening itu? Rekening merupakan alat yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi keuangan yang bersangkutan dengan aktiva, kewajiban, modal, pendapatan dan biaya. Maka dari itu ketika memisahkan rekening, Sobat dapat menentukan tiap jenis rekening berdasarkan kegunaannya. Nah, untuk mengetahui jenis rekening apa saja yang harus dipisahkan untuk setiap kebutuhannya. Yuk disimak baik-baik ya Sobat penjelasannya.  

1. Rekening Sehari-Hari 

Rekening ini merupakan rekening pertama yang harus kamu miliki, karena dapat digunakan untuk pemasukan dan pengeluaran kebutuhan sehari-hari. Dan rekening ini diperuntukan untuk pengeluaran yang bersifat wajib untuk dibayarkan setiap bulannya. 

Untuk jenis rekening ini, Minmu sarankan kamu memilih bank yang biaya administrasi bulanannya murah dan mudah untuk dijangkau. Misalnya, Bank A memiliki jumlah mesin ATM yang jumlahnya paling banyak di sekitar rumah kamu. Dan bank tersebut juga memiliki biaya admin bulanan paling rendah ketimbang bank yang lainnya, maka bisa kamu tetapkan bahwa Bank A cocok untuk rekening sehari-hari kamu.

Jangan lupa untuk langsung menyisihkan gaji ke rekening darurat dulu dan investasi sebelum menaruh gaji kamu ke rekening ini setiap bulannya. Untuk jumlahnya tergantung dengan kebutuhan utama kamu setiap bulan, atau kamu bisa melihat pengeluaran kebutuhan kamu di bulan sebelumnya supaya ada gambaran untuk pengeluaran di bulan ini atau berikutnya. 

2. Rekening Darurat 

Di artikel sebelumnya, yang berjudul 3 Rekomendasi Instrumen Terbaik Untuk Menyimpan Dana Darurat. Mindi sudah membahas bahwa rekening ini berisi tabungan khusus untuk kejadian tak terduga alias darurat, seperti antisipasi kehilangan pemasukan, untuk biaya kesehatan, memperbaiki aset pribadi dan juga menghindari lilitan hutang.

Karena rekening ini memang dibuat untuk dana darurat, kamu harus pastikan rekening tersebut tidak memiliki mobile banking ataupun internet banking ya, agar dana darurat kamu tetap aman ya sobat.

3. Rekening Investasi 

Sesuai dengan namanya, rekening ini dapat kamu gunakan jika kamu memang memiliki keinginan atau sudah berinvestasi. Rekening investasi ini juga bisa kamu gunakan sebagai tabungan pensiun lho sobat. Semakin banyak yang diinvestasikan, maka semakin banyak pula return yang diterima.

Untuk investasi di bank, kamu bisa juga membuka rekening deposito. Rekening tersebut memiliki bunga yang lebih tinggi dibandingkan jenis simpanan lainnya. Hal ini membuatmu akan mendapatkan keuntungan ketika rekening tersebut jatuh tempo.

Nah, sekarang Sobat sudah semakin tahu dong jenis-jenis rekening apa saja yang harus kamu pisahkan untuk setiap kebutuhan kamu. Untuk kamu yang sampai saat ini hanya memiliki satu rekening untuk semua kebutuhan atau transaksi, yuk mulai belajar memisahkan sesuai dengan jenis-jenis kebutuhan kamu ya. Dan bagi kamu yang sudah memisahkan rekening, pastikan kamu memiliki catatan keuangan agar kamu bisa terus mengetahui alur keuangan kamu dan menggunakannya dengan tepat.

Semoga yang telah Mindi jelaskan bisa membantu kamu untuk mengatur dan juga mengontrol perencanaan keuangan yang sehat dan tepat ya.


Goodluck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Hal Sepele Yang Ternyata Dapat Merugikan Keuanganmu

Saat ini banyak orang yang melakukan kegiatan sepele dalam keuangan cenderung diabaikan karena dianggap tidak penting dan tidak akan berpengaruh