Jobseeker

Langkah-Langkah Penulisan Dalam Membuat Cover Letter. Dijamin Lolos Seleksi HRD!!!

Saat ini masih banyak para new job seekers yang belum tahu langkah-langkahnya dalam membuat cover letter dengan baik dan benar. Padahal cover letter ini membawa kesempatan penting lho untuk kamu Sobat, karena di cover letter ini Sobat bisa menjual diri pada pihak recruiter dengan teknik bercerita.

Dengan melakukan teknik bercerita Sobat bisa menceritakan beberapa pengalaman bekerja ataupun pengalaman dan prestasi yang Sobat miliki dari yang terbaru hingga terlama serta menjelaskan mengapa perusahaan harus memilih kamu dari banyaknya kandidat pelamar kerja lain. 

Untuk memiliki cover letter yang baik dan berkesan, pastikan Sobat membuat cover letter tidak hanya menarik perhatian, tapi juga berkualitas supaya cover letter yang Sobat miliki lebih unggul di mata perusahaan. Dan terdapat beberapa poin langkah-langkah penulisan yang harus Sobat perhatikan saat membuat cover letter, yuk disimak baik-baik ya Sobat : 

  1. Tempat / Tanggal Surat 

Langkah pertama yang harus Sobat lakukan dalam menyusun surat lamaran pekerjaan adalah dengan menuliskan tempat atau posisi Sobat saat membuat surat, tanggal surat dibuat dan perihal surat tersebut. Contohnya seperti ini : 

Jakarta, 19 Juli 2021 

Perihal : Lamaran Pekerjaan

  1. Perusahaan / HRD yang Dituju 

Langkah kedua Sobat bisa tuliskan nama perusahaan yang akan dituju. Apabila Sobat tidak mengetahui nama HRD pada perusahaan tersebut, Sobat cukup menuliskan yth bapak atau ibu saja. Contohnya seperti ini : 

Kepada Yth. Bapak / Ibu 

PT. Ican Berkah Jaya 

Jakarta 

  1. Ucapan Salam dan Pembukaan 

Langkah ketiga Sobat harus menuliskan kata pengantar dalam surat lamaran pekerjaan. Pada bagian ini paling tidak Sobat dapat mencantumkan dari mana Sobat dapat informasi mengenai lowongan pekerjaan ini, kemudian Sobat bisa tuliskan posisi jabatan pekerjaan yang Sobat pilih di perusahaan tersebut. Contohnya seperti ini : 

Dengan Hormat 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari xxx, PT. Ican Berkah Jaya saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi General Admin. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini saya ingin melamar pekerjaan di PT. Ican Berkah Jaya untuk mengisi posisi tersebut. 

  1. Biodata Identitas Pribadi 

Langkah keempat Sobat dapat menuliskan biodata pribadi dengan menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, email, latar belakang pendidikan terakhir kamu, dan juga nomor telepon atau WhatsApp yang aktif. Contohnya seperti ini : 

Saya yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : Hala Chelsea 

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta Selatan, 12 Juli 1997 

Alamat : Jl. Panjang, RT 008 RW 009, Jakarta Selatan 

Email : halachelsea127@gmail.com 

Pendidikan : S1 Ilmu Administrasi Perkantoran 

No. Telp / WA : 08770005798 

  1. Pengalaman Kerja dan Keahlian 

Langkah kelima ini dapat Sobat ceritakan pengalaman kerja dan keahlian ataupun prestasi yang dimiliki. Jika kamu merupakan seorang fresh graduate kamu bisa menuliskan pengalaman magang di sebuah perusahaan, akan tetapi jika kamu merupakan lulusan SMA/SMK kamu dapat menuliskan pengalaman organisasi atau kepanitiaan yang pernah diikuti. 

Selain itu tulislah kemampuan yang perusahaan butuhkan, Sobat bisa mencantumkan keahlian atau prestasi yang dimiliki dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat. Contohnya seperti ini : 

Saya memiliki latar belakang pendidikan ilmu administrasi, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu bekerja tim, rasa ingin tahu yang tinggi, komunikasi yang baik serta memahami dasar-dasar analisa data dan arsip. Saya pun memiliki pengalaman magang di perusahaan telekomunikasi Indonesia sebagai Admin. Posisi yang saya ajukan sesuai minat dan pengalaman saya. Dan saya percaya akan memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. 

  1. Lampiran Surat 

Langkah keenam ini selain melampirkan berkas yang perusahaan butuhkan, Sobat juga dapat menambahkan dokumen penunjang lainnya sebagai pertimbangan perusahaan untuk menerima kamu. Karena hal ini akan menambah penilaian perusahaan terhadap keprofesionalan kamu. Lalu Sobat perlu mencermati terlebih dahulu berkas apa saja yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan dan yang perlu dilampirkan dalam cover letter. Contohnya seperti ini : 

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan : 

  1. Pas Photo Terbaru 
  2. Fotocopy KTP 
  3. Daftar Riwayat Hidup 
  4. Fotocopy Ijazah Terakhir 
  5. Fotocopy Sertifikat Kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah diikuti) 
  6. Fotocopy Sertifikat Magang / PKL
  1. Penutup 

Di langkah terakhir ini buatlah sebuah penutup yang manis dalam cover letter kamu, dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Contohnya seperti ini : 

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberikan kesempatan mengikuti seleksi wawancara. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya. 

(Hala Chelsea) 

So, buat kamu yang ingin belajar lebih dalam mengenai pembuatan Cover Letter yang baik dan benar, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Tips Sukses Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Good Luck dan salam berbagi Ilmu! 

Berikut contoh isi keseluruhan dokumen cover letter untuk melamar pekerjaan 

Jakarta, 19 Juli 2021 

Perihal : Lamaran Pekerjaan 

Kepada Yth. Bapak / Ibu 

PT. Ican Berkah Jaya 

Jakarta 

Dengan Hormat 

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari xxx, PT. Ican Berkah Jaya saat ini membuka lowongan pekerjaan untuk posisi General Admin. Oleh karena itu, bersamaan dengan surat ini saya ingin melamar pekerjaan di PT. Ican Berkah Jaya untuk mengisi posisi tersebut.  

Saya yang bertanda tangan dibawah ini : 

Nama : Hala Chelsea 

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta Selatan, 12 Juli 1997 

Alamat : Jl. Panjang, RT 008 RW 009, Jakarta Selatan 

Email : halachelsea127@gmail.com 

Pendidikan : S1 Ilmu Administrasi Perkantoran 

No. Telp / WA : 08770005798 

Saya memiliki latar belakang pendidikan ilmu administrasi, yang kiranya akan berguna untuk mengisi posisi ini. Saya mampu bekerja tim, rasa ingin tahu yang tinggi, komunikasi yang baik serta memahami dasar-dasar analisa data dan arsip. Saya pun memiliki pengalaman magang di perusahaan telekomunikasi Indonesia sebagai Admin. Posisi yang saya ajukan sesuai minat dan pengalaman saya. Dan saya percaya akan memberikan kontribusi yang baik untuk perusahaan. 

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen untuk pertimbangan : 

  1. Pas Photo Terbaru 
  2. Fotocopy KTP 
  3. Daftar Riwayat Hidup 
  4. Fotocopy Ijazah Terakhir 
  5. Fotocopy Sertifikat Kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah diikuti) 
  6. Fotocopy Sertifikat Magang / PKL 

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberikan kesempatan mengikuti seleksi wawancara. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya. 

(Hala Chelsea)

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jobseeker

Kenali Teknik Dasar Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti microsoft word, powerpoint, dan access yang dapat
Jobseeker

Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi