Jobseeker

Kenali Teknik Dasar Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti microsoft word, powerpoint, dan access yang dapat digunakan di berbagai bidang industri. Karena sampai saat ini hampir di seluruh perusahaan pasti mewajibkan karyawannya untuk belajar menguasai bidang excel ini, yang dapat digunakan untuk keperluan bidang administrasi dan keperluan pekerjaan lainnya. 

Apa itu Microsoft Excel ? Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi yang berupa spreadsheet yang dibuat serta didistribusikan oleh Microsoft Corporation agar dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan juga Mac OS dan Excel itu sendiri lebih sering dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula di dalam lembar kerjanya sehingga dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi yaitu salah satunya adalah analisis data melalui perhitungan matematis.

Software yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft ini dibuat khusus untuk mencatat, menyimpan dan mengolah data serta memiliki berbagai macam fitur mulai dari rumus operasi hitung matematika dasar hingga rumus statistika yang sangat kompleks. Dan kelebihan dari microsoft excel itu tidak hanya sebatas pembukuan yang menggunakan perhitungan matematis, akan tetapi memiliki kemampuan yang dapat menampung data cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam satu sheet

Maka dari itu agar Sobat bisa lebih memahami rumus dasar apa saja yang wajib dikuasai oleh pemula pada microsoft excel ini. Yuk disimak baik-baik ya Sobat penjelasannya. 

1. SUM 

Formula -> =SUM(number1,number2,…) 

SUM merupakan rumus yang dapat digunakan untuk menjumlahkan data ataupun angka sesuai dengan sel atau range yang ditentukan. Rumus ini digunakan untuk menambahkan data yang tersusun secara horizontal maupun vertikal

Horizontal merupakan angka yang berurutan secara baris mulai dari angka 1 atau dari kiri ke kanan, sedangkan vertikal merupakan deretan huruf-huruf yang dimulai dari huruf A atau dari atas ke bawah. Dan cara menghitung rumus ini dapat berbentuk range, referensi sel, array, konstanta, dan rumus. Maka dengan ini Sobat bisa menjumlahkan angka semuanya sekaligus secara otomatis.

Contohnya adalah jika ingin menghitung penjumlahan dari data yang terletak pada sel kelima sampai sel kesembilan, Sobat cukup memasukan rumus =SUM(C5,C9) dan akhiri dengan klik enter maka hasil penjumlahan dari angka atau sel yang Sobat pilih akan muncul. 

2. AVERAGE 

Formula -> =AVERAGE(number1,number2,…) 

AVERAGE merupakan salah satu rumus yang dapat digunakan untuk menghitung rata-rata nilai atau nominal yang dihasilkan dari suatu kumpulan data. Caranya sangat cukup mudah, sebagai contoh ketika mengisi nilai rata-rata dari kolom A3 sampai A10, Sobat bisa menggunakan rumus seperti ini =AVERAGE(A3,A10) dan akhiri dengan klik enter

Maka hasilnya akan terhitung nilai rata-rata dari dari data pada sel A3 sampai dengan A10, dengan demikian nilai rata-rata akan langsung didapatkan. 

3. Choose 

Formula -> =Choose(index_num,value1,[value2],…) 

Rumus ini digunakan untuk memilih atau menampilkan nilai pada sekumpulan data nilai yang diberikan berdasarkan nomor index atau urutan tertentu. Index itu sendiri merupakan fungsi untuk mengambil atau menghasilkan nilai dari range atau tabel. Contoh penggunaan fungsi ini jika nilai 1 sampai 3 adalah warna lampu lalu lintas merah,  kuning, dan hijau maka fungsi Choose akan menampilkan salah satu warna lampu tergantung Sobat memilih nomor yang mana. 

So, bagi kamu yang ingin belajar mengembangkan potensi skill dasar di bidang Microsoft Excel dan Powerpoint di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho Sobat dengan judul Pelatihan Terampil Menggunakan Microsoft Excel Untuk Tenaga Perkantoran Umum

Inilah rumus dasar microsoft excel yang wajib Sobat ketahui untuk dapat menguasai program-program yang paling banyak digunakan untuk bekerja. Semoga dapat bermanfaat untuk mengembangkan karir Sobat dalam dunia kerja. 

Goodluck, Sobat !!! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jobseeker

Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi
Jobseeker

Kenali Perbedaan PKWT Dan PKWTT Yang Wajib Diketahui Setelah Diterima Kerja 

Di era digital saat ini mencari lowongan pekerjaan sangatlah mudah, bisa langsung melalui website perusahaan ataupun iklan yang beredar di