Jobseeker

Istilah-Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui

Ketika Sobat sedang melakukan chatting baik melalui media sosial ataupun berbicara secara langsung. Sobat pastinya memiliki berbagai macam istilah untuk menghidupkan suasana chatting kamu ataupun dengan lawan bicara kamu dong. Selain untuk menghidupkan suasana obrolan, istilah juga digunakan untuk mempermudah obrolan kamu dalam membahas atau membicarakan sesuatu. Dan juga tidak hanya digunakan untuk obrolan santai atau informal saja tapi juga dalam dunia kerja.

Di dalam dunia kerja, nantinya Sobat akan menemukan banyak istilah-istilah yang dipakai saat bekerja. Istilah-istilah yang sering dipakai mayoritas berbahasa inggris lho. Bahkan istilah-istilah tersebut sangat jarang sekali Sobat mendengarnya saat masa sekolah maupun masa kuliah. Dan juga tujuan utama dari penggunaan istilah-istilah tersebut adalah untuk memperjelas dan mempersingkat pesan maupun perintah yang akan disampaikan kepada orang lain baik itu melalui media sosial maupun secara langsung.

MoM

Saat Sobat sedang melakukan rapat baik itu dalam rapat internal maupun eksternal perusahaan, pastinya dari partisipan akan ada yang diminta untuk mengirimkan poin penting hasil rapat ke berbagai media komunikasi yang berisikan MoM. Apa itu MoM ? MoM atau singkatan dari Minutes of Meeting adalah istilah yang merujuk kepada hal yang dibicarakan dalam suatu rapat yang mana merupakan hal-hal penting dan harus ditulis secara singkat dalam rangkuman meeting serta dikirimkan ke berbagai media komunikasi, tergantung kebijakan perusahaan lebih menggunakan media komunikasi seperti apa. Tujuannya adalah agar semua karyawan yang hadir maupun yang tidak hadir bisa tahu kembali poin penting apa saja yang telah dibahas.

FYI

Istilah ini sebenarnya tidak hanya dipakai dalam dunia kerja saja, tapi juga sudah sangat familiar dan biasa digunakan oleh kalangan masyarakat umum khususnya anak-anak milenial. Jadi, kepanjangan FYI adalah For Your Information, biasanya ini digunakan saat ingin memberitahu rekan kerjamu, tentang hal sampingan yang perlu untuk diketahui. Umumnya FYI ini dapat digunakan di berbagai media komunikasi seperti email maupun chat untuk mengirim pesan pemberitahuan.

TBD

TBD atau kepanjangan dari To Be Discussed merupakan istilah yang sering digunakan saat kamu mengirim pesan ke berbagai media komunikasi dengan rekan kerja yang menandakan bahwa hal-hal yang tertera dalam isi pesan tersebut masih belum memiliki keputusan yang pasti dan harus didiskusikan kembali kelanjutannya.

FU

FU atau kepanjangan dari Follow Up adalah istilah yang digunakan ketika karyawan mau meminta update perkembangan tugas kepada karyawan lainnya, bisa juga digunakan untuk menanyai seseorang atau meminta penjelasan mengenai suatu pekerjaan atau hal yang harus diselesaikan. Istilah ini paling sering digunakan oleh manajer kepada stafnya ketika tugas yang diberikan belum selesai. Selain itu dapat digunakan juga oleh tiap divisi yang memiliki tugas yang berkaitan antara divisi 1 dengan lainnya.

SOP

SOP atau kepanjangan dari Standard Operational Procedures adalah suatu cara atau proses kerja, bisa juga dikatakan tata tertib atau peraturan kerja tertulis yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. So, apabila kamu sudah diterima bekerja di suatu perusahaan, Sobat harus bekerja sesuai SOP ya!

PO

Apabila Sobat sering membeli suatu barang online, pastinya Sobat sudah tidak asing lagi mendengar kata PO atau Pre-Order. Tetapi dalam dunia kerja, saat Sobat membeli barang pastinya Sobat akan sering mendengar kata PO atau kepanjangan dari Purchase Order yang dapat digunakan saat ingin membeli barang atau memiliki pengertian sebagai bukti pemesanan.

So, bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan dalam berbahasa inggris, khususnya dalam dunia perkantoran, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Pelatihan Melaksanakan Komunikasi Dalam Bahasa Inggris Untuk Menjadi Tenaga Perkantoran Umum.

Nah, inilah beberapa istilah-istilah dalam dunia kerja yang wajib Sobat ketahui, dengan mengetahui beberapa istilah-istilah ini akan lebih memudahkan kamu untuk dapat dipahami mengenai urusan-urusan pekerjaan, karena baik itu kamu atau atasan tidak perlu menjelaskan panjang lebar mengenai hal yang harus dikerjakan, Sobat cukup memberikan satu istilah saja dan menjelaskan sesuatu dengan singkat dan jelas. Semoga bermanfaat.

Good Luck Sobat !

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jobseeker

Kenali Teknik Dasar Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti microsoft word, powerpoint, dan access yang dapat
Jobseeker

Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi