Finansial Music

Pro Dan Kontra PayLater

Semakin berkembangnya teknologi digital di Indonesia, semakin banyak pula berbagai e-commerce dan marketplace yang menyediakan layanan paylater. Karena saat ini paylater bukanlah menjadi salah satu hal baru bagi kalangan masyarakat Indonesia. Seperti yang telah Mindi jelaskan di artikel sebelumnya yang berjudul Dulu Tukang Ngutang, Sekarang Tukang PayLater, secara garis besar menjelaskan bahwa paylater adalah fitur atau metode pembayaran berbasis internet yang memungkinkan Sobat untuk membeli sekarang dan membayar nanti. 

Secara konsep, paylater hampir mirip dengan transaksi menggunakan kartu kredit yang berkembang menjadi layanan berbasis online. Tujuannya sebagai alternatif pembayaran tunai dan non tunai di luar dompet akun, transfer bank, kartu kredit dan debit. Dan untuk proses pengajuannya sangat mudah sekali, pengguna hanya menggunakan kartu identitas saja. 

Sampai saat ini pro kontra mengenai paylater pun banyak bermunculan di berbagai media digital. Layanan paylater juga disebut-sebut dapat memberikan keuntungan yang besar bagi penggunanya, itulah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan layanannya. Tetapi ada pula yang menyebutkan bahwa paylater dapat menimbulkan perilaku konsumtif kepada masyarakat. So, kira-kira apa saja sih keuntungan yang bisa kamu dapatkan dan kerugian yang bakalan kamu alami jika menggunakan paylater ? Yuk disimak baik-baik ya Sobat penjelasannya. 

Memungkinkan untuk Membayar nanti tanpa perlu Menunjukan Slip Gaji

Berbeda dengan kartu kredit yang memiliki persyaratan pengajuan yang cukup rumit dan perlu menunjukan slip gaji. Dengan paylater kamu bisa mengajukannya secara online, hanya perlu unggah foto kartu identitas dan foto selfie kamu. Maka, pengajuan kamu dapat disetujui tanpa perlu menunjukan slip gaji kamu lho.

Prosesnya Praktis dan Juga Cepat

Kelebihan lain dari paylater adalah prosesnya yang praktis dan juga cepat. Sehingga membuat konsumen menyukai sistem paylater ini. Selain itu, paylater juga bisa membantu pengelolaan keuangan dalam rumah tangga.

Jangka Waktu Cicilan Bervariasi

Meskipun namanya paylater (bayar nanti), tapi ternyata sekarang penyedia jasa paylater menawarkan pembayaran dengan sistem cicilan lho. Pilihan jangka waktu cicilan nya pun bervariasi, mulai dari 3 sampai 12 kali cicilan. Dengan adanya pilihan jangka waktu untuk pelunasan ini, dapat membantu kamu lebih mudah dalam berbelanja dan tidak perlu khawatir jika tidak bisa melunasi tagihan sekaligus pada bulan depannya.

Nah, Sobat jadi tahu kan apa saja keuntungan-keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan paylater ? Eits, tapi jangan tergiur dengan keuntungannya aja ya sobat. Setiap ada keuntungan, pastinya ada juga kerugiannya lho. Berikut Mindi jelasin juga  ya mengenai beberapa kerugian yang akan kamu alami kalau menggunakan paylater!

Adanya Bunga dan Denda yang Berlaku

Sama dengan sistem hutan lainnya, paylater juga ada bunga dan denda yang berlaku lho sobat. Bunga dan denda yang berlaku tersebut sudah di tentukan oleh penyedia jasa paylater ya sobat, jadi jika kamu menggunakan paylater pastinya kamu akan diwajibkan untuk membayar bunga di setiap transaksi dan juga membayar denda jika terlambat membayar tagihan.

Ancaman keamanan identitas kamu

Calon pengguna paylater tentunya diwajibkan untuk memberikan identitas mereka kepada penyedia jasa paylater, sebagai bukti verifikasi. Hal ini sangat harus dipertimbangkan sejak awal, karena tidak jarang keamanan data secara online mengalami kebocoran sehingga dapat merugikan diri sendiri.

Memiliki Potensi yang Sangat Besar untuk Boros

Karena dengan adanya saldo pada paylater kamu, membuat lebih mudah bertransaksi karena kamu tidak perlu menyediakan uang tunai dan juga tidak mengharuskan kamu memiliki saldo dalam rekening layaknya melakukan pembayaran dengan debit. Hal itu lah yang membuat kamu akan menjadi sangat boros jika kamu tidak punya ‘rem’ dalam menggunakan paylater.

Menambah Utang

Kamu pastinya sudah tahu bahwa sebenarnya paylater adalah bentuk terbaru dari sistem hutang kan? Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh paylater, pastinya akan membuat kamu semakin bergantung dengan sistem hutang tersebut lho sobat. Dan, sebenarnya paylater merupakan sebuah gerbang utama kamu untuk terus menerus menambah hutang.

Dapat Membuat Pengelolaan Keuangan kamu Menjadi Berantakan

Sudah boros dan terus menambah hutamg, lama kelamaan dapat membuat pengelolaan keuangan kamu jadi berantakan dan bahkan menjadi defisit lho. Hal seperti ini sebenarnya sudah sering terjadi pada para nasabah kartu kredit yang akhirnya ditagih oleh seorang debt collector. Selain itu, dengan adanya paylater dapat menyebabkan pengeluaran kamu lebih besar dibandingkan penghasilan yang kamu dapatkan.

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan keuntungan dan kerugian yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan paylater. Untuk kamu yang saat ini masih menggunakan paylater untuk memenuhi kebutuhan konsumtif kamu saja, yuk mulai sekarang coba untuk menggunakan paylater untuk kebutuhan yang penting-penting saja ya agar tidak menambah pengeluaran yang tidak terduga. Bagi kamu yang sudah terlepas dari paylater, jangan lupa untuk melakukan pencatatan keuangan agar kamu bisa terus mengetahui alur keuangan kamu dan menggunakannya dengan tepat.

Goodluck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka