Finansial

Hal Sepele Yang Ternyata Dapat Merugikan Keuanganmu

Saat ini banyak orang yang melakukan kegiatan sepele dalam keuangan cenderung diabaikan karena dianggap tidak penting dan tidak akan berpengaruh pada kondisi keuangannya. Meskipun nominal yang dikeluarkan untuk satu hal sepele tidak terlalu besar, akan tetapi apabila dilakukan secara terus menerus alhasil akumulasinya dapat cukup menguras isi dompet kamu lho Sobat.  

Namun, tanpa kamu sadari bahwa hal sepele tersebut justru bisa menyebabkan kepada sikap boros. Dan juga hal sepele ini seringkali bisa merugikan rencana-rencana keuangan yang telah kamu miliki. Maka dari itu jangan sampai mengabaikan hal-hal sepele dengan begitu mudahnya, lantas apa aja sih hal sepele dalam keuangan yang dapat merugikan keuanganmu. Yuk disimak baik-baik ya Sobat. 

  1. Gak Enakan Beli ‘Sedikit’

Hal ini sering terjadi ketika kamu ke minimarket, dengan tujuan hanya ingin membeli sabun mandi yang habis. Tapi karena terlihat sedikit, kamu jadi membeli barang-barang lain yang tidak terlalu kamu butuhkan, seperti makanan ringan.

Kadang hal yang sama juga terjadi ketika ada teman kamu yang berjualan lho sobat, contohnya teman kamu berjualan pakaian dan kamu memang ada niat membeli sebuah kemeja untuk bekerja di tokonya. Tapi karena kamu gak enakan karena hanya membeli 1 item, akhirnya kamu memutuskan untuk membeli sebuah celana jeans yang sebenarnya kamu tidak terlalu kamu butuhkan.

  1. Banyak Bergantung Pada Food Delivery

Saat ini, memang banyak sekali aplikasi online untuk mengantar makanan. Sebenarnya, aplikasi online memberikan kemudahan terlebih di masa seperti ini dimana kita diharuskan mengurangi kontak fisik dengan lingkungan luar. Namun, penggunaan fasilitas tersebut juga harus bijak mengingat kamu perlu membayar lebih untuk ongkos kirim, dan juga kantong belanja.

  1. Bermain Games

Selain mengisi waktu luang, bermain games juga bisa mengasah kecerdasan otak lho. Tapi sayangnya, tidak semua bisa didapatkan secara gratis, meski kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunduh permainan tersebut. Namun, terkadang kamu harus mengeluarkan biaya untuk melengkapi permainan kamu.

  1. Menyepelekan Uang Receh

Siapa disini yang menganggap sepele uang-uang receh ? biasanya jika kamu memiliki uang receh, pasti kamu gunakan untuk membayar parkir kan?. Dikarenakan terlihat banyak dan mengganggu, akhirnya kamu jadi merasa perlu untuk mampir sana-sini yang mengharuskan bayar parkir walaupun jaraknya dekat.

Tanpa disadari, hal-hal sepele yang kamu lakukan setiap hari ternyata bisa membuat kamu jebol juga kan. Meski uang yang dikeluarkan dalam jumlah kecil, namun jika frekuensinya dilakukan secara rutin tetap saja membuat tabungan dan dana tunai yang dimiliki jadi cepat habis. Perlu kamu ingat ya sobat, nominal besar yang kamu miliki tidak akan pernah bisa terbentuk kalau tidak dimulai dari nominal yang kecil. 

Nah, sekarang kamu sudah tahukan tentang hal-hal sepele yang ternyata merugikan keuangan kamu. Untuk kamu yang masih sering menyepelekan hal-hal seperti itu, yuk coba untuk lebih menghargai uang kamu dan coba untuk berhemat agar kamu tidak merugi. Sedangkan, bagi kamu yang tidak menyepelekan hal-hal diatas, pastikan kamu memiliki catatan keuangan agar kamu bisa terus mengetahui alur keuangan kamu dan menggunakannya dengan tepat.

So, special buat kamu yang ingin belajar lebih dalam lagi bagaimana dapat menghargai dan menggunakan uang dengan baik agar dapat terhindar dari abuse money, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Money Relationship. Semoga yang telah Mindi jelaskan bisa membantu kamu untuk mengatur dan juga mengontrol perencanaan keuangan yang sehat dan tepat ya.
Goodluck Sobat!

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka