Bisnis

Kenali Perbedaan Entrepreneur Dan Intrapreneur

Saat ini, Kalian pastinya sering sekali mendengar kata Entrepreneur maupun Intrapreneur, di berbagai acara dan kesempatan lainnya. Kalian tahu gak sih, meskipun terdengar sama tapi ternyata kedua istilah tersebut memiliki banyak perbedaan lho sobat, mulai dari tujuan, status, pekerjaan, wilayah kerja, resiko yang ditanggung dan aspek yang lainnya.

Sebelumnya, kalian sudah tahu belum sih apa itu Entrepreneur ? Entrepreneur adalah seorang yang memiliki usaha sendiri dan mengelolanya sendiri dengan ide dan konsep baru yang telah dibuat, seorang entrepreneur mengelola bisnis miliknya sendiri dari dasar (dari nol).

Tujuan dari entrepreneur sendiri adalah ingin dan mampu untuk melakukan perubahan sistem ekonomi, mengubah ide baru atau penemuan baru menjadi sebuah inovasi yang sukses. Inovasi baru tersebut dapat berupa produk baru (barang maupun jasa). 

Selain itu, seorang entrepreneur berfokus pada peningkatan penjualan dan keuntungan dan juga berusaha untuk meningkatkan kualitas untuk lebih kompetitif, sehingga bisnisnya dapat bersaing dengan bisnis lainnya. Maka dari itu, seorang entrepreneur juga bertanggung jawab penuh atas resiko kegagalan dan kesuksesan yang dihasilkan.

Setelah mengetahui Entrepreneur, yuk bahas apa itu intrapreneur? Intrapreneur adalah individu yang menggunakan keterampilan kewirausahan-nya untuk membuat dan mengembangkan dalam proses, layanan dan proyek baru di perusahaan tempat mereka bekerja. Seorang intrapreneur memiliki akses ke fasilitas perusahaan untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhannya, agar dapat memenuhi dari tujuannya.

Apa sih tujuan dari intrapreneur ? tujuannya sendiri adalah untuk meningkatkan kekuatan kompetitif dan pengakuan dari pasar terhadap perusahaan tempatnya bekerja. Untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan perusahaan tempatnya bekerja, yaitu dengan membuat perubahan substansial pada perusahaan dan cara mereka beroperasi. 

Lalu, apa resiko dari seorang intrapreneur ? karena seorang intrapreneur bekerja pada sebuah perusahaan, maka dari itu sebagian besar resikonya ditanggung oleh perusahaan tempatnya bekerja. Tetapi, apabila ide yang diberikan tidak bagus dan terjadi perubahan pada bisnis perusahaan tersebut, akan menyebabkan dirinya dipecat dari perusahaan tersebut.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa seorang entrepreneur dan intrapreneur memiliki perbedaan yang sangat penting untuk pahami. Perbedaan tersebut adalah keuntungan maupun resiko-resiko yang kedua nya dapatkan.

Dengan mempertimbangkan perbedaan tersebut, kamu harus bisa memiliki pendirian yang bagus tentang peran mana yang lebih cocok untuk kamu, apakah menjadi entrepreneur atau intrapreneur ? Semoga yang Penjelasan Minmu diatas dapat membantu kamu dalam memilih yaaa.


Good Luck sobat  

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

1 Comment

  1. Avatar

    A WordPress Commenter

    July 13, 2022

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisnis

Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat

Created by Jihan Elshadat Di artikel sebelumnya yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan Dulu, Minmu sudah membahas secara singkat mengenai
Bisnis

Strategi Bisnis Kamu Lebih Unggul Dari Kompetitor

Saat ini persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sehingga pelaku bisnis harus menghadapinya dengan cara yang sehat. Kompetitor atau pesaing