Finansial

Cash Flow Kamu Positif Atau Negatif ?

Di era saat ini pengetahuan akan cash flow baik itu dalam konteks rumah tangga maupun perusahaan sangatlah penting. Cash flow atau arus kas adalah salah satu laporan keuangan yang memuat informasi mengenai arus kas dalam perusahaan atau individu. Secara garis besar cash flow menggambarkan adanya arus uang masuk (cash in flow) dan uang yang keluar (cash out flow) untuk berbagai kebutuhan. 

Laporan keuangan itu sendiri mulai dari kegiatan operasional, aktivitas investasi serta kegiatan pendanaan perusahaan. Tujuan penyusunan laporan ini adalah untuk dapat mengetahui secara real berapa pemasukan dan pengeluaran kas rumah tangga maupun perusahaan. Dan pada umumnya unsur-unsur kas masuk terdiri dari penerimaan-penerimaan seperti penjualan tunai, penerimaan pelunasan piutang dagang, dan piutang lainnya serta penerimaan pinjaman lainnya. Sedangkan unsur-unsur kas keluar terdiri dari pengeluaran-pengeluaran atau pembayaran-pembayaran seperti pembayaran supplier, pembayaran pajak, pembayaran cicilan, pengembalian pinjaman dan lainnya. 

Nah, terdapat dua perbedaan cash flow dalam konteks rumah tangga maupun perusahaan sesuai dengan cash basis. Kira-kira apa saja perbedaannya, yuk disimak baik-baik ya Sobat penjelasannya. 

Cash Flow Positif 

Cash flow atau arus kas positif adalah jika pendapatan lebih besar daripada pengeluaran, maka akan menghasilkan cash flow atau arus kas yang positif. Kas yang dikeluarkan tersebut biasanya digunakan untuk berbagai pengeluaran yang sangat dibutuhkan. Contohnya seperti pelunasan hutang dagang, kebutuhan pengeluaran bulanan yang pengeluarannya tidak melebihi dari jumlah pendapatan dan lainnya. 

Cash Flow Negatif 

Cash flow atau arus kas negatif adalah jika pendapatan lebih kecil daripada pengeluaran, maka akan menghasilkan cash flow atau arus kas yang negatif. Dan ini menjadi permasalahan terhadap keuangan rumah tangga maupun bisnis perusahaan. Contoh dari cash flow negatif seperti membeli barang dengan harga yang melebihi jumlah pendapatan. 

Nah, inilah perbedaan cash flow atau arus kas secara positif dan secara negatif. So, untuk Sobat yang baru mulai bekerja serta ingin sekali mempunyai target untuk meraih financial freedom atau kebebasan finansial, maka hal ini menjadi sangat penting untuk Sobat ketahui. Dan semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk financial planning kamu kedepannya. 

Goodluck, Sobat!!! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Finansial

Tipe-Tipe Pendapatan Seseorang

Created by Vikri Hala Haikal & Jihan Elshadat  Pada dasarnya setiap orang yang memiliki pekerjaan pasti akan mendapatkan pendapatan atau
Finansial

Langkah Pertama Dalam Mengatur Keuangan

Di era pandemi saat ini, sebagian masyarakat Indonesia sudah mulai memperhatikan kondisi financial mereka dengan mengatur keuangan sebaik mungkin. Maka