Jobseeker

Cara Menghadapi Tes Interview Kerja dengan Baik dan Benar 

Dalam dunia kerja, pastinya tidak akan terlepas dari yang namanya tahap interview. Pada dasarnya tes interview merupakan tes yang sangat penting dalam menentukan layaknya seseorang untuk bekerja di sebuah perusahaan. Tes interview ini dilakukan untuk mengetahui seberapa baik sikap, perilaku dan kemampuan kita agar bisa cepat beradaptasi dengan suasana dan proses kerja yang ada di perusahaan tersebut. 

Umumnya hal ini dilakukan oleh pihak HRD (Human Resource Development) kepada seseorang yang akan melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan. Biasanya setiap perusahaan merekrut calon pekerja untuk posisi HRD yang memiliki latar belakang S1 Manajemen Sumber Daya Manusia, Psikologi, dan Hukum. 

Harapan setiap perusahaan dengan dilakukannya proses tahap interview ini agar perusahaan dapat mengetahui seberapa cepat pelamar bisa mengambil sebuah keputusan dalam memecahkan setiap permasalahan yang selalu ada dalam dunia kerja. Pada saat tes interview biasanya tidak sedikit banyak orang yang gagal pada tahap interview, melihat tahap ini merupakan tahap penentuan seseorang pelamar untuk bekerja di sebuah perusahaan. 

Maka dari itu sekarang Minmu mau bahas nih caranya menghadapi tes interview kerja dengan baik dan benar, yuk disimak baik-baik ya : 

  1. Menggunakan Pakaian Dengan Rapi dan Sopan 

Penampilan itu merupakan hal yang sangat penting saat akan melakukan tes interview kerja, karena dengan penampilan akan mencerminkan sikap dan karakter seseorang dan merupakan hal pertama yang dilihat HRD saat akan melakukan tes interview. Di masa pandemi ini hampir setiap perusahaan melakukan tes interview melalui daring biasanya via zoom meeting, maka hal pertama yang akan dilihat HRD saat akan melakukan tes interview selain pakaian adalah kerapihan rambut pelamar. 

  1. Hadir Tepat Waktu dan Jaringan Internet Stabil  

Jika pihak HRD meminta kamu datang ke perusahaan untuk melakukan tes interview, maka Sobat harus datang lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi jika tes interview dilakukan secara daring, maka Sobat harus hadir tepat waktu sesuai jadwal yang telah diberikan oleh pihak perusahaan, karena jika terlambat akan mengurangi poin penilaian atas kedisiplinan Sobat.  

Sebelum berlangsungnya proses tes interview sebisa mungkin persiapkan kuota internet dengan jaringan yang stabil agar tetap lancar saat proses interview berlangsung serta mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mengatur emosi, mengontrol stress yang berlebihan dan mengumpulkan pikiran supaya tetap fokus, dan proses tes interview berjalan dengan baik. 

  1. Perlihatkan Sikap Kesopanan dan Antusias 

Ketika sedang berlangsungnya proses interview tunjukkanlah sikap antusias untuk bekerja dan tetap berikan wajah yang penuh senyum serta ramah agar bisa menjadi poin tambahan. Dengan memberikan sikap yang antusias kerja dapat membuahkan keyakinan terhadap perusahaan bahwa Sobat ingin memberikan kontribusi lebih untuk memajukan perusahaan serta ingin bekerja keras untuk mewujudkannya. Dan juga Sobat harus pandai dalam menjual kemampuan yang dimiliki terhadap perusahaan agar pihak perusahaan yakin dengan kemampuan yang Sobat miliki dan kuasai. 

  1. Menjawab Setiap Pertanyaan Dengan Singkat dan Jelas. 

Usahakan agar tetap selalu fokus ketika proses interview berlangsung agar dapat memberikan pandangan bahwa Sobat sangat serius untuk mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang diinginkan. Kemudian berikanlah jawaban dengan singkat dan jelas tentang pengalaman kamu dari yang terkini hingga terlama dan menjawab lebih ke pencapaian yang Sobat miliki agar tidak membuang-buang waktu interview yang telah diberikan perusahaan. Karena jika memberikan jawaban yang terlalu panjang lebar akan menciptakan kesan bahwa kamu tidak memahami dan menangkap pertanyaan yang telah diberikan. 

  1. Buatlah Suasana Jadi Lebih Nyaman 

Sebisa mungkin Sobat ciptakan suasana yang lebih nyaman saat interview dengan mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pekerjaan yang Sobat lamar. Karena dengan mengajukan pertanyaan, pasti Sobat akan merasa lebih dekat dengan pihak HRD. Lalu ketika proses interview akan berakhir Sobat harus meyakinkan diri, apa sudah cukup dengan jawaban HRD atau masih ada yang ingin ditanyakan lagi, dan usahakan untuk memahami informasi yang telah HRD berikan. 

Terakhir jika Sobat merasa sudah cukup, ucapkanlah terima kasih kepada HRD karena Sobat telah diberikan kesempatan untuk menjelaskan kemampuan yang Sobat miliki dan informasi mengenai diri pribadi sehingga bisa jadi acuan untuk bisa diterima di perusahaan. So, untuk kamu yang ingin lebih mendalami teknik interview yang baik dan benar, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho dengan judul Tips Sukses Interview

Nah, inilah 5 cara menghadapi tes interview kerja dengan baik dan benar, semoga bermanfaat untuk Sobat yang akan melamar kerja atau yang akan melakukan interview kerja. Tetap semangat dan percaya diri bahwa kamu akan diterima di perusahaan yang kamu lamar. Dan jika mendapatkan hasil yang tidak sesuai keinginan jangan putus asa, karena setidaknya Sobat mendapatkan ilmu dan pengalaman yang dapat Sobat aplikasikan saat ingin melamar ke perusahaan lain. 
So, Good Luck !!!

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Jobseeker

Kenali Teknik Dasar Pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang memiliki beberapa aplikasi lainnya seperti microsoft word, powerpoint, dan access yang dapat
Jobseeker

Pentingnya Personal Branding Di Era Digital

Di era digital saat ini perkembangan akses teknologi memberikan manfaat untuk keberlangsungan karir dan pekerjaan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi