Bisnis

Cara Membuat Website Gratis, Untuk Meningkatkan Omzet Ratusan Juta!

Di era digital sekarang, tentunya kalian sudah tidak asing dengan yang namanya website. Apa sih website itu ? Website adalah sebuah kumpulan halaman yang berisi informasi tertentu dan dapat diakses oleh banyak orang melalui internet. Website memiliki fungsi sebagai sarana informasi, pembuatan blog, dan transaksi jual-beli online.

Saat ini website kerap menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak pihak, terutama bagi para pelaku bisnis. Karena, dengan menggunakan website, pelaku bisnis dapat memasukan berbagai macam informasi yang biasanya diperlukan oleh pelanggan untuk mengenal suatu produk atau jasa yang mereka jual. Selain itu, website juga dapat dengan mudah diakses dari manapun dan kapanpun. Hal ini membuat profil bisnis kamu sebagai pelaku bisnis di untungkan lho sobat.

Meskipun, banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan para pelaku bisnis melalui sebuah website. Tapi, ternyata masih banyak lho para pelaku bisnis yang belum memiliki website untuk usaha mereka. Dan kebanyakan mengatakan, kendala dalam membuat sebuah website adalah karena biaya pembuatan website yang cukup mahal. Padahal, ada lho cara membuat website gratis. Yuk simak baik-baik penjelasan Minmu ya, agar kamu (para pelaku usaha) bisa meningkatkan omzet produk atau jasa kamu melalui website!

Tentukan Platform Website

Kamu tidak perlu pengetahuan coding, tidak perlu menggunakan code HTML, CSS dan lain-lainnya. Karena selain sulit, cara membuat website dengan menggunakan langkah-langkah tersebut memerlukan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kamu harus menentukan platform website

Platform yang sering digunakan adalah WordPress. Dengan WordPress, kamu bisa membuat website dengan mudah tanpa harus menguasai programming. Kamu hanya perlu klik instalasi, masukkan nama, deskripsi website dan memilih template. Setelah itu, website kamu sudah bisa digunakan dan diakses melalui internet.

Meskipun gratis, kamu bisa membuat website gratis ini dengan kualitas terbaik menggunakan WordPress. Contoh beberapa perusahaan yang mempercayakan websitenya kepada WordPress. Antara lain, Sony Music, The Walt Disney Company, Microsoft News Center dan The New York Times Company.

Tentukan Nama Domain 

Selanjutnya, nama domain atau biasa yang sering disebut Domain Name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasikan nama server komputer seperti server web atau server surel di jaringan komputer atau internet. Jangan lupa untuk membuat nama domain yang sesuai dengan nama brand kamu dan juga mudah diingat oleh banyak orang.

Tentukan Ekstensi Domain dan Hosting Yang Tepat

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menentukan ekstensi domain yang akan digunakan. Ekstensi Domain adalah akhiran dari sebuah nama domain. Contohnya yang paling sering kamu dengar adalah .com (dot-kom) maupun .co.id (dot-ko-dot-ai-di) biasanya digunakan untuk keperluan komersial. Seperti, website perusahaan, website toko online dan lain-lainnya. 

Sedangkan, Hosting adalah layanan yang memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data yang berguna untuk website. Untuk memilih layanan hosting dengan kualitas terbaik untuk website kamu, kamu harus menemukan hal-hal seperti berikut : keamanan yang tinggi, loading time yang cepat tersedia dukungan pelanggan 24/7.

Install WordPress dan Sesuaikan Tampilan

Selanjutnya install WordPress, setelah itu masukkan informasi penting seperti berikut :

  1. URL = domain atau alamat website yang terdaftar. 
  2. Bahasa = pilih bahasa utama untuk website WordPress. 
  3. Administrator Username = username yang digunakan untuk masuk ke dashboard WordPress. 
  4. Administrator Password = password yang digunakan untuk masuk ke admin area WordPress. 
  5. Administrator Email = berikan alamat email yang aktif untuk keperluan email notifikasi (pemberitahuan) dan atur ulang password
  6. Judul Website (Website Title) = judul atau nama website anda 
  7. Tagline Website (Website Tagline) = slogan atau deskripsi singkat tentang website kamu.

Pilih Tema Untuk Website Kamu

Selanjutnya, kamu harus memilih tema agar tampilan website semakin menarik dan fungsional. Cari dan pilih tema yang kamu inginkan di galeri tema WordPress, untuk menginstall tema, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut : 

  1. Masuk ke Dashboard WordPress 
  2. Pilih tab Appearance 
  3. Pilih Themes 
  4. Klik Add New 
  5. Cari tema yang diinginkan, lalu klik Install 

Install Plugin 

Jika membuat website menggunakan WordPress, kamu juga harus memilih dan menginstall plugin yang diperlukan. Plugin adalah aplikasi tambahan yang berguna untuk memperkaya fungsi serta fitur website WordPress. Seperti, menambahkan admin, perlindungan dan keamanan website dan lain-lainnya. 

Berikut ini merupakan salah satu contoh plugin WordPress, yaitu WooCommerce adalah plugin untuk membuat toko online, pilihan yang tepat untuk para pelaku bisnis online yang ingin berjualan produk atau jasa yang kamu punya di website berbasis WordPress.

Nah, sekarang kamu sudah pahamkan bagaimana langkah-langkah membuat website untuk bisnis online kamu. Untuk kamu yang belum pernah mencoba membuat website sebelumnya, jika kamu ingin belajar mengenai bagaimana cara membuat website lebih detail lagi, di Cariilmu.co.id ada kelasnya lho yang berjudul Pelatihan Menjadi Tenaga Spesialis Pemasaran Dalam Membuat Website & SEO. Bagi kamu yang sudah membuat website untuk bisnismu, jangan lupa untuk terus kembangkan bisnis kamu agar dapat meningkatkan omzet produk atau layanan yang kamu jual yaaa. Semoga yang Minmu jelaskan dapat membantu kamu ya sobat! 


Goodluck Sobat! 

Cariilmu Official

Cariilmu Official

About Author

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

Bisnis

Langkah-Langkah Melakukan Branding Dengan Tepat

Created by Jihan Elshadat Di artikel sebelumnya yang berjudul Kira-kira Branding atau Jualan Dulu, Minmu sudah membahas secara singkat mengenai
Bisnis

Kenali Perbedaan Entrepreneur Dan Intrapreneur

Saat ini, Kalian pastinya sering sekali mendengar kata Entrepreneur maupun Intrapreneur, di berbagai acara dan kesempatan lainnya. Kalian tahu gak